Esport biasa identik dengan dunia kaum pria yang mendominasi dari atlet profesional hingga penonton. Namun kenyataaan hingga kini banyak muncul team atau pemain esport wanita yg hadir bukan hanya sebagai pemanis atau penonton saja dalam ajang ini. Mereka hadir sebagai peserta yang ikut berlaga dalam turnamen meski secara gender perempuan dianggap sebagai pihak yang awam namun kehadiran perempuan dalam turnamen ini memberi warna dan menjadi momentum kesetaraan gender untuk meningkat harkat martabat wanita dan melakukan transformasi digitalisasi di Indonesia sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Untuk itu Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) dan Dyandra Promosindo berkolaborasi menyelenggarakan turnamen ‘The First Esports Ladies’ Mobile Legends dalam tajuk Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021 pada tanggal 27-28 April 2021 secara oflline dan online (hybrid). Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021 akan menyiapkan hadiah sebesar 15 juta rupiah dan akan ada empat (4) tim profesional yang diundang langsung untuk bermain. Tim tersebut adalah Evos LynxBelletron EraLuna Nera EsportMorph Akasha dengan jumlah peserta lebih dari 20 peserta.

Hal ini selaras dengan sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik IndonesiaSandiaga Uno, yang mengatakan “Saat ini esport telah berkembang bukan hanya sebagai sebuah permainan digital namun sudah berkembang lebih jauh dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Kemenparekraf turut berperan aktif dalam pengembangan insudrit esport industri. Kemenparekraf mengajak semua elemen berkolaborasi dan bersinergi dalam upaya memajukan industri esport sebagai pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, diharapkan Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021 ini dapat menjadi bukti bahwa talenta pemain wanita tidak kalah dengan pemain pria dan sebagai batu pijakan untuk dapat berkarir dalam di level internasional. Selamat dan sukses untuk ASENSI dan Dyandra Promosindo atas penyelenggaraan turnamen Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021.”, tutup Sandiaga Uno dalam sambutan virtual opening ceremony.

Sementara Semuel Abrijani PangerapanDirektur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengatakan dalam sambutannya, “Tak hanya dari sisi pemain industri, games publisher dan developer-pun turut menjadi perhatian pemerintah dimana Kominfo, LIPI dan Asosiasi Games Indonesia (AGI) telah melakukan pemetaan awal ekosistem industri game di Indonesia. Dari laporan tersebut didapati pada tahun 2017-2019 jumlah game yang diproduksi dalam negeri terus meningkat yang tadi hanya 143 game di tahun 2017 naik menjadi 332 game ditahun 2019 data ini menunjukan bahwa Indonesia memilik pangsa pasar yang besar baik game publisher atau developer atau aktor-aktor lainnya dalam ekosistem industri games di Indonesia tak terkecuali olahraga yang berbasis games atau esport.”

Tata Cara Permainan Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021

Susanty WidjayaKetua Umum ASENSI mengatakan, “Penyelenggaraan The First Ladies Offline Tournament Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021 juga merupakan langkah komitmen dan salah satu karya nyata ASENSI, Asosiasi Lisensi Indonesia terhadap kontribusi lisensi di industri esports Indonesia melalui turnamen-turnamen esports berkualitas yang akan kami adakan khusus untuk pemain esports wanita di indonesia.”, ujar Susan.

Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021 dapat disaksikan melalui youtube channel: dignity project esport. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai The First Ladies Offline Invited Tournament Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021 dapat dilihat pada akun resmi instagram @dignityprojectesports, @asensi.id dan @dyandrapromosindo.

By admin

Leave a Reply